8 Cara Cepat Mendeteksi Makanan Palsu

Ilustrasi apel dilapisi lilin.

Saat ini, para ahli terus memperingatkan kita untuk ekstra hati-hati perihal makanan yang kita konsumsi dan produk yang kita gunakan sehari-hari, karena mereka mungkin mengandung komponen berbahaya yang serius dapat memengaruhi kesehatan kita.

Ada banyak makanan olahan di pasaran, penuh dengan racun, pewarna, dan aditif. Sayuran dan buah-buahan yang diolah dengan pestisida, kosmetik dengan bahan kimia berbahaya, dan lain sebagainya. Yang semuanya ditambahkan untuk meningkatkan penampilan, daya simpan, mengurangi biaya produksi dan lain-lain.

Pemrosesan makanan semacam itu dikenal sebagai pemalsuan, yang mengurangi kualitas makanan dan membahayakan kesehatan kita. Berikut sederet makanan yang pada umumnya dipalsukan, dan cara mendeteksinya.


Gula yang ditambahkan ke madu
Gula jauh lebih murah dari madu, sehingga sering ditambahkan sebagai peniru madu. Untuk melihat apakah madu Anda dipalsukan, tambahkan setetes ke dalam segelas air putih, jika menyebar, berarti madu tersebut mengandung gula.

Warna buatan ke dalam kunyit
Untuk mendapatkan warna dari rempah-rempah ini, produsen kerap menambahkan warna seperti metanil yellow, bubuk kapur, dan timbal kromat. Tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas air, jika palsu, akan meninggalkan warna kuning yang kuat di dalam air dan mengendap di bawah gelas.

Tanah liat dicampur dengan kopi
Untuk memeriksa kualitas kopi Anda, masukkan setengah sendok teh bubuk kopi dalam segelas air, aduk dan diamkan selama 5 menit. Jika palsu, partikel tanah liat akan jatuh di bagian bawah gelas.

Deterjen dalam susu
Seringkali, deterjen ditambahkan ke susu untuk menambah busa, menambah warna putih, dan menambah volume. Cara mendeteksinya, ambil 5-10 ml susu dengan jumlah air yang sama, kocok dengan baik, jika susu dipalsukan, hasilnya akan membentuk busa padat.

Minyak kelapa ditambahkan minyak lain
Untuk memenuhi permintaan yang tinggi, minyak kelapa sering dicampur dengan minyak lain. Tuangkan sedikit dalam gelas transparan, masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit agar beku. Jika dipalsukan, minyak lainnya tidak akan membeku dalam lapisan terpisah.

Pewarna dalam beras
Metanil kuning sering ditambahkan ke beras untuk membuat penampilannya lebih menarik. Untuk mendeteksinya, gosokkan beberapa butir beras di kedua telapak tangan, jika Anda melihat pewarna kuning di telapak tangan Anda, dan warna pada beras Anda jadi hilang, berarti beras Anda dicampur dengan metanil kuning.

Pewarna makanan ke kacang hijau
Untuk membuatnya terlihat lebih cerah dan menarik, produsen sering menambahkan pewarna makanan ke kacang hijau. Masukkan beberapa kacang hijau ke dalam gelas transparan, isi dengan air dan aduk. Setelah setengah jam jika airnya berubah menjadi hijau berarti sudah tercemar.

Lapisan lilin pada apel
Gosok permukaan apel dengan pisau. Jika lilin keluar, berarti apel tersebut sudah dipoles dengan lilin.

Sumber: The Hearty Soul
Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment