7 Langkah Obati Diabetes Tipe-2, Tak Perlu Minum Obat Lagi

Ilustrasi diabetes.

Diabetes tipe 2 atau pra-diabetes, telah meningkat tiga kali lipat dalam 4 dekade terakhir. Dilaporkan bahwa setiap orang Amerika dan satu dari empat anak-anak terkena dampak dari penyakit ini.

Diabetes dan semua masalah kesehatan yang menyertainya, mulai dari resistensi insulin ringan, kelebihan berat badan hingga obesitas, diabetes juga menyebabkan kanker, penyakit jantung serta kematian dini.

Sebenarnya, semua kondisi tersebut dapat dicegah dan diobati. Meskipun sulit diobati dan Anda diwajibkan untuk terus menurunkan berat badan dalam jangka panjang, diabetes IS reversibel dan semua komplikasinya, seperti gagal ginjal, amputasi, stroke dan demensia, dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat serta mengonsumsi makanan sehat. Tujuh strategi berikut ini akan membantu Anda mencegah dan mengobati diabetes tanpa obat atau pembedahan.


Konsumsi nutrisi yang tepat
Kombinasi suplemen dengan perubahan pola makan dan gaya hidup yang tepat akan membuat sel lebih sensitif terhadap insulin dan lebih baik dalam memetabolisme gula serta lemak. Suplemen juga dapat mengatur gula darah dan mencegah diabetes.

Hindari gula
Konsumsi gula, karbohidrat olahan, dan kalori gula cair, akan diubah menjadi gula dan meningkatkan kadar insulin, sehingga menyebabkan resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Gejala yang menyertainya meliputi tekanan darah tinggi, peradangan, dorongan seks yang buruk, dan peningkatan risiko kanker.

Konsumsi makanan utuh bukan yang diproses
Konsumsi makanan utuh akan mengurangi peradangan dan stres oksidatif serta mengatur gula darah. Anda harus mengonsumsi lebih banyak makanan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, buah dan sayuran berwarna dan lemak omega 3. 

Olahraga
Untuk menurunkan kadar insulin dan menyeimbangkan gula darah, Anda harus aktif secara fisik. Berjalan selama setengah jam sudah sangat membantu. 

Kurangi stres
Stres kronis dapat meningkatkan insulin dan kadar kortisol, serta senyawa inflamasi yang disebut sebagai sitokin, dapat menyebabkan disfungsi metabolisme sehingga mengakibatkan kenaikan berat badan, resistensi insulin dan berakhir pada diabetes tipe 2. Untuk mengurangi stres, cobalah untuk melakukan yoga, pijat, meditasi, teknik pernapasan dalam, tertawa, menari, atau berjalan di alam bebas.

Tidur cukup
Kurang tidur dapat mengacaukan metabolisme, mengidam makanan dan karbohidrat serta risiko penyakit yang lebih tinggi seperti diabetes tipe 2.

Cek hasilnya
Mulailah mencatat hasilnya dengan menulis semua informasi, seperti berat badan, ukuran pinggang, indeks massa tubuh (BMI) dan tekanan darah. 

Sumber: Organic and Healthy
Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment