Suka Makanan Asin? Begini Cara Keluarkannya dari Tubuh

Ilustrasi garam.

Anda sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 2300 mg garam atau sodium per hari. Tetapi, jika Anda memiliki masalah dengan jantung, Anda hanya diperbolehkan mengonsumsi 1500 mg garam per hari.

Tetapi kenyataannya, sebagian besar dari kita mengonsumsi lebih banyak dari itu. Ya, tak sedikit orang yang menyukai makanan asin. Padahal, kelebihan garam dalam tubuh dapat membuat Anda kembung dan cenderung merasa tidak nyaman.

Garam akan membuat tubuh Anda menahan air. Itulah alasannya mengapa Anda merasa kembung. Dalam kasus seperti ini, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk mengeluarkan garam berlebih dari tubuh dan membuat Anda merasa lebih baik.

Minum lebih banyak air
Berapa banyak? Minumlah 2,5 ons air untuk setiap kilogram berat badan Anda. Misalnya, jika berat baan Anda 70 kg, berarti Anda perlu minum sekitar 18-20 gelas air. Jika Anda bingung berapa banyak air yang harus dikonsumsi, cukup minum lebih banyak air dari biasanya untuk mengeluarkan natrium.


Konsumsi pisang
Anda membutuhkan lebih banyak potasium. Pisang mengandung mineral ini. Secangkir pisang memberi Anda sekitar 800 mg potasium. Selain pisang, Anda juga bisa mengonsumsi tomat dan aprikot kering.

Konsumsi potasium
Konsumsi setidaknya 4 gram potasium setiap hari. Kadar potasium yang tinggi bisa melepaskan sodium. Tetapi jika Anda sedang hamil, jangan ikuti tips ini.

Berjalan
Cobalah untuk berjalan-jalan sampai mengeluarkan keringat. Kelebihan natrium bisa dikeluarkan melalui keringat. 

Hindari camilan asin
Jangan makan camilan asin seperti keripik atau nachos. Tingkat natrium yang masuk akan mendominasi kadar natrium dalam tubuh dan kadarnya tidak akan menurun.

Latihan sederhana
Berbaringlah di lantai dan angkat kaki ke atas. Gunakan bantal agar lebih tinggi atau senderkan kaki Anda di dinding. 

Sumber: Boldsky

0 komentar:

Post a Comment