Cara Berhenti Makan Gula dan Turunkan Berat Badan

Ilustrasi gula dan penurunan berat badan.

Ada alasan mengapa lonjakan energi yang Anda dapatkan setelah mengonsumsi makanan bergula disebut 'kalori kosong' di kalangan kesehatan. Ya, ini karena gula bisa memberi tubuh Anda energi tapi tidak memberikan nutrisi apapun, baik vitamin, mineral, dan protein yang diperlukan untuk menjaga semua organ dalam tubuh Anda.

Itulah sebabnya mengapa orang-orang yang memenuhi kebutuhan kalori harian mereka hanya dengan zat bergula berakhir dengan rasa selalu lapar yang parah dalam jangka panjang. Dan itu belum hal terburuk yang dilakukan gula untuk tubuh Anda.

Mulai dari diabetes tipe 2, penyakit hati berlemak, dan lain-lain merupakan konsekuensi serius jika Anda terus mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih. Mengonsumsi terlalu banyak gula selama bertahun-tahun hanya akan membuat Anda terbaring di rumah sakit.

Jadi, jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghentikan makan gula, artikel ini akan membantu Anda. Beberapa tips berikut ini akan membantu Anda memotong zat adiktif dari makanan Anda. 


Katakan 'ya' pada gula alami
Gula alami yang ditemukan pada buah-buahan, sayuran, dan produk susu biasa seperti susu dan keju, diproses secara berbeda oleh tubuh, karena kandungan gulanya mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Jadi, ganti semua produk gula halus dari makanan Anda dan beralihlah ke buah dan sayuran manis.

Berhenti mengonsumsi minuman ringan dan bersoda
Minuman ringan dan minuman bersoda dikemas dengan banyak tambahan gula. Sebotol kecil minuman soda isi 500 ml mengandung 53 gram gula di dalamnya, atau setara dengan 205 kalori hanya dari gula saja. 

Minum secangkir teh saat Anda mengidam gula
Saat Anda sangat ingin sekali mengonsumsi makanan manis, buatlah secangkir teh dengan sesendok madu untuk membantu Anda menahannya. Anda bahkan dapat bereksperimen dengan berbagai jenis teh, seperti kayu manis, chamomile, dan teh mint, untuk mencegah kebosanan.

Pilih sarapan gurih di pagi hari
Hasil studi telah menunjukkan, mereka yang mengonsumsi makanan manis di pagi hari, cenderung menginginkan lebih banyak gula sepanjang hari. Jadi, hentikan kebiasaan ini dan beralih ke makanan gurih sebagai gantinya.

Konsumsi cokelat hitam bukan cokelat susu
Cokelat susu biasa dikemas dengan gula. Jadi, jika Anda menyukai cokelat, beralihlah ke dark chocolate untuk memuaskan selera Anda. 

Sumber: Boldsky

0 komentar:

Post a Comment