4 Tanda Anda Stroke Tapi Anda Tidak Tahu

Ilustrasi stroke.

Kita semua tahu bahwa otak membutuhkan aliran darah untuk menjalankan fungsinya. Jadi, bila pembuluh darah tersumbat di otak atau mengalami pendarahan, itu berarti otak Anda berisiko mengalami kerusakan parah dan berpotensi mengalami kematian otak secara permanen jika tidak segera ditangani.

Dan seperti banyak masalah kesehatan lainnya, gejala stroke sering disalahartikan dan dianggap sebagai masalah kesehatan yang lain. Untuk itu, Anda harus berhati-hati, karena stroke dapat menyebabkan kerusakan otak serius.

Menurut data statistik terbaru, stroke adalah penyebab kematian nomor lima di Amerika Serikat. Untuk itu, mengenali gejala-gejalanya sangat penting untuk menghindari Anda dari penyakit mematikan ini. Berikut tanda-tanda Anda mengalami stroke tapi Anda tidak mengetahuinya.

1. Sakit kepala dan migrain
Anda harus sangat berhati-hati jika Anda mengalami migrain atau sakit kepala. Jika rasa sakitnya berlangsung dalam jangka waktu yang lama, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

2. Lelah berkepanjangan
Para ahli juga memperingatkan. mengalami kelelahan ekstrem untuk jangka waktu yang panjang juga bisa menjadi tanda dari stroke, tetapi gejala ini sering diabaikan. The American Stroke Association merekomendasikan akronim 'FAST' berikut untuk mengenali gejala-gejala stroke.

F:  Wajah terkulai di satu sisi
A:  Lengan mati rasa atau mengalami kelemahan pada satu sisi tubuh
S:  Kesulitan berbicara. 
T: Waktu adalah hal yang sangat penting. Anda harus segera memanggil ambulans jika masalah ini menimpa Anda dan keluarga.

3. Mengalami masalah penglihatan pada satu sisi mata
Jika penglihatan Anda terasa kabur atau terlihat ganda dalam satu mata, ini merupakan salah satu gejala yang paling sering diabaikan dari stroke.

4. Kebingungan dan kesulitan berpikir
Ketika stroke terjadi, otak membutuhkan oksigen dan darah yang menyebabkan kebingungan dan ketidakmampuan untuk berbicara atau berpikir dengan benar. 

Sumber: Healthy Life Tricks

0 komentar:

Post a Comment