Tak Perlu ke Dokter, 6 Bahan Dapur Ini Bisa Menghilangkan Gigi Berlubang Anda

Ilustrasi sakit gigi.

Kerusakan gigi dan gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan mulut paling umum di dunia, dan setengah dari populasi dunia pernah mengalaminya.

Gigi berlubang adalah area yang rusak pada gigi yang akhirnya menimbulkan lubang di dalam gigi yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus mutans. Bakteri tersebut menempel di permukaan gigi dan menghasilkan asam dari gula yang berasal dari makanan.

Tumpukan makanan dan bakteri membentuk plak yang menyebabkan kerusakan pada enamel gigi, yang menyebabkan erosi gigi. Erosi ini akan menimbulkan lubang di antara gigi. Gigi berlubang juga diakibatkan karena kurang menjaga kebersihan gigi, makanan yang menempel pada gigi, sering mengemil, mulut kering, dan lain-lain.

Gejala paling umum dari gigi berlubang di antaranya sakit gigi, sensitivitas gigi, sakit ringan hingga tajam saat makan atau minum, dan lain-lain. Ada beberapa pengobatan alami yang bisa Anda coba di rumah untuk menghilangkan gigi berlubang.


Cengkeh
Cengkeh digunakan untuk mengobati segala jenis masalah gigi, termasuk gigi berlubang. Cengkeh mengandung bahan kimia yang disebut eugenol yang memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik dan antibakteri, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah rongga menyebar. Kunyah cengkeh secara perlahan untuk mengekstraksi minyaknya. Kemudian, diamkan cengkeh di bawah lidah Anda selama beberapa menit.

Garam
Garam sangat baik untuk merawat gigi berlubang karena sifat antiseptik dan antibakterinya. Ini dapat mengurangi peradangan, meringankan rasa sakit dan mencegah pertumbuhan bakteri di mulut. Campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, kumur dengan larutan ini selama 1 menit. Lakukan ini 3 kali sehari sampai gejala mereda.

Bawang putih
Bawang putih mengandung allicin yang memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan antibiotik. Semuanya bertanggung jawab untuk merawat kerusakan dan gigi berlubang. Selain itu, sifat antijamur dan antibakteri dalam bawang putih dapat membantu menghilangkan mikroba dan mengatasi rasa sakit. Hancurkan 3-4 siung bawang putih dan 1/4 sendok teh garam. Oleskan pada gigi yang terinfeksi. Diamkan 10 menit lalu berkumur. Lakukan ini dua kali sehari.

Kunyit
Kunyit mengandung curcumin yang memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi dan antimikroba. Antimikroba dari curcumin dapat menghambat aktivitas enzim Sortase A yang membantu bakteri Streptococcus mutans berkembang. Oleskan bubuk kunyit pada gigi yang sakit, lalu diamkan beberapa menit.

Teh
Teh mengandung hampir 4000 senyawa bioaktif yang sepertiganya berkontribusi terhadap polifenol. Ia memiliki sifat antikariogenik dan katekin, terutama dalam teh hijau. Ekstrak teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti Streptococcus mutans, Streptococcus salivarius dan Escherichia coli. Seduh secangkir teh hijau, tambahkan madu, dan minum dua kali sehari.

Kopi
Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, kopi dapat membantu mencegah gigi berlubang. Kopi yang dibuat dari biji kopi panggang memiliki efek antibakteri terhadap mikroorganisme termasuk Streptococcus mutans. Minumlah kopi hitam dengan madu tanpa menambahkan susu.
Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment