Singkirkan Hal-hal Penyebab Kanker Ini dari Kamar Anda

Ilustrasi kamar tidur.

Kanker adalah penyebab kematian kedua di seluruh dunia. Menurut statistik oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 9,6 juta kematian terjadi pada 2018 karena kanker.

Ada berbagai penyebab yang memicu kanker, beberapa penyebab ini terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat. Merokok adalah salah satu penyebab utama penyakit ini, penyebab lain termasuk tidak mengonsumsi makanan sehat, gaya hidup yang tidak aktif, kebersihan pribadi, konsumsi alkohol berlebih, genetik, dan lain-lain.

Ya, itu merupakan beberapa penyebab umum kanker. Tapi, Anda akan terkejut jika mengetahui ada hal-hal tertentu di kamar tidur Anda yang dapat menyebabkan kanker juga. Berikut daftarnya.

Bantal kapas dan sprei
Menggunakan bantal kapas dapat memperkuat peluang Anda terkena kanker. Alasannya adalah, tanaman kapas terkena banyak insektisida dan pestisida. Herbisida juga disemprotkan untuk melindungi kapas. Menurut penelitian, herbisida ini mengandung bahan aktif yang disebut glifosat yang telah dikaitkan dengan kanker. Cara terbaik untuk mengurangi risiko ini adalah dengan beralih ke bantal dan sprei yang dibuat menggunakan kapas organik.


Cat
Sebagian besar orang menyukai bau cat, tetapi sayangnya itu dapat meningkatkan risiko kanker. Cat mengandung senyawa organik yang mudah menguap yang bersifat kanker.

Penyegar udara
Penyegar udara biasanya disemprotkan di kamar tidur, kamar mandi, bahkan di mobil dan di tempat kerja. Tetapi tahukah Anda, semprotan ini juga berpotensi kanker? Jadi, hindari untuk menggunakannya, Anda dapat menggantinya dengan bunga seperti melati atau mawar, atau Anda dapat menyiapkan semprotan alami menggunakan minyak esensial dan air.

Furniture kulit sintetis
Polimer plastik yang disebut polyvinyl chloride (PVC) digunakan untuk membuat kulit sintetis dan ini berbahaya. Ini juga mengandung berbagai bahan kimia lain yang membahayakan. Oleh karena itu, Anda harus menghindari menggunakan furniture yang terbuat dari kulit sintetis. Selain itu, hindari perabot yang dibuat menggunakan melamin, papan partikel, papan serat kepadatan menengah (MDF) karena mengandung bahan kimia beracun. Cobalah beli furniture kayu solid agar tetap sehat.

Gadget dan perangkat elektronik
Selain ponsel, beberapa perangkat elektronik seperti TV, komputer, dan lain-lain juga ada di kamar. Perangkat-perangkat ini memaparkan radiasi elektromagnetik. Radiasi ini adalah paparan karsinogenik dan dalam jangka panjang dapat membuat kita lebih rentan terhadap kanker. Cara sederhana untuk menurunkan risiko kanker adalah dengan mengaktifkan mode pesawat ketika tidur atau mematikan semua perangkat dan menjauhkannya saat tidur. Ini tidak hanya menurunkan risiko kanker, tapi juga membuat tidur Anda jadi lebih baik.

Kasur dan tirai
Tirai dan kasur direndam menggunakan bahan kimia, seperti penahan api yang membuat kita rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, salah satunya kanker. Zat kimia ini mampu menghambat perkembangan otak dan bahkan menyebabkan gangguan hormon. Cara terbaik adalah memilih kasur organik dan beralih ke tirai yang dibuat menggunakan tirai organik.

Sumber: Boldsky

Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment