Ini Penyebab Asam Urat yang Sesungguhnya

Ilustrasi menderita asam urat.

Gout atau asam urat merupakan salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan iritasi, nyeri, dan pembengkakan sendi. Asam urat terutama akan memengaruhi sendi-sendi anggota tubuh bagian bawah, seperti jari kaki, tumit, dan pergelangan kaki.

Namun, jangan salah, asam urat juga dapat memengaruhi sendi bagian atas tubuh. Asam urat kadang-kadang menjangkit ke area jaringan lunak, seperti otot dan tendon, yang dapat menyebabkan pembengkakan dan kekakuan.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan pertumbuhan dan terjadinya asam urat, seperti predisposisi genetik terhadap penyakit, penyakit ginjal, diet yang tidak tepat dan kurangnya olahraga. Di antara semua penyebab ini, jumlah dan makanan yang dikonsumsi memainkan peran penting.

Saat ini, banyak orang yang menderita asam urat sebagai akibat dari menjalani diet yang salah dan tidak menyadari bahaya yang ditimbulkan dari beberapa makanan pada tubuh. Terlepas dari makanan, aspek penting lain dalam perkembangan penyakit ini adalah obesitas.


Asam urat terutama disebabkan oleh kristalisasi bahan yang disebut asam urat dalam aliran darah yang menyebabkan arteri terblokir. Bila berlebihan, kristal ini dapat menyebabkan banyak kerusakan. 

Asam urat adalah barang sisa yang dibentuk oleh purin. Purin adalah bahan yang ditemukan dalam daging berlemak, ikan, beberapa produk susu dan sayuran. Makanan yang menyebabkan asam urat karena penuh dengan lemak dan purin yang tidak sehat, berkontribusi terhadap pembentukan kristal berlebih. Di antara makanan yang menyebabkan asam urat, yang paling berbahaya adalah daging merah dan beberapa ikan.

Daging sapi, daging babi, domba, dan makanan laut, harus dihindari penderita asam urat. Orang sehat pun harus mengontrol konsumsi makanan tersebut untuk mencegah terjadinya asam urat. Makanan lain, seperti unggas, susu, biji-bijian, buah-buahan hijau, dan sayuran, dapat ditolerir dengan baik oleh individu yang menderita asam urat.

Untuk mengobati asam urat, makanan yang berpotensi menimbulkan asam urat harus Anda hindari. Asupan alkohol juga harus dikurangi, karena akan meningkatkan kuantitas kristal yang dihasilkan oleh tubuh.

Sumber: Healthy Food Team

Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment