8 Tips Menurunkan Berat Badan Terburuk Menurut Dokter

Ilustrasi timbangan berat badan.

Memiliki berat badan berlebih atau obesitas, sering dikaitkan dengan begitu banyak masalah kesehatan yang serius. Dan alternatif yang biasa dilakukan orang-orang untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan berbagai metode diet.

Namun, mengikuti berbagai tips diet atau rencana penurunan berat badan yang banyak beredar di luar sana, bisa saja tidak sehat bahkan berbahaya bagi kesehatan, karena tidak semuanya aman untuk diikuti.

Jadi, berikut adalah beberapa tips penurunan berat badan yang harus Anda hindari, seperti yang disarankan oleh dokter. 

Diet instan
Melakukan diet instan atau menginginkan penurunan berat badan yang cepat dapat menurunkan metabolisme dan menimbulkan penyakit lain, salah satunya defisiensi nutrisi.

Penghitungan kalori obsesif
Mengonsumsi hanya sejumlah kalori per hari dan menghindari makan bahkan ketika mereka merasa lelah atau sakit, bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, baik mental maupun fisiologis.


Memotong karbohidrat sepenuhnya
Karbohidrat juga merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali malah bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan.

Memotong semua lemak
Lemak sehat sangat penting untuk tubuh dan bahkan bisa membantu penurunan berat badan. Hindari lemak tidak sehat yang berasal dari junk food, minuman bersoda, alkohol, dan lain-lain. Sebaliknya, konsumsi sumber lemak sehat, di antaranya  alpukat, kelapa, dan lain-lain.

Olahraga berlebihan
Berolahraga berlebihan sebenarnya tidak diperlukan jika Anda ingin menurunkan berat badan. Hasil penelitian menunjukkan, berolahraga 15-30 menit setiap hari, bersamaan dengan melakukan diet sehat efektif membantu menurunkan berat badan.

Ngemil sering
Sering mengemil malah dapat menambah jumlah kalori Anda, bahkan jika Anda mengemil makanan sehat sekalipun. Hal ini dapat memperlambat proses penurunan berat badan.

Mengonsumsi buah terlalu banyak
Buah juga mengandung jumlah gula dan kalori yang tinggi, sehingga mengonsumsinya terlalu banyak dapat menghambat proses penurunan berat badan.

Melewatkan sarapan
Sebenarnya, mengonsumsi sarapan yang sehat dapat mencegah rasa lapar dan membantu proses penurunan berat badan yang sehat.

Sumber: Boldsky

0 komentar:

Post a Comment