Terlalu Banyak Minum Air, Berbahayakah?

Ilustrasi air minum.

Semua orang tahu bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Kita harus mengonsumsi makanan dan minuman secukupnya agar tetap sehat. Bahkan ilmu pengetahuan telah mengonfirmasi hal yang sama, menurut hasil penelitian, minum lebih banyak air dari yang kita butuhkan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Jumlah air minum yang disarankan setiap hari adalah 6-8 gelas. Ini akan memungkinkan Anda tetap terhidrasi dan membuat Anda tetap sehat. Dehidrasi adalah salah satu masalah terbesar di zaman ini, yang bisa menyebabkan banyak kerusakan jika tidak ditangani dengan tepat. Beberapa gejala dari dehidrasi, di antaranya adalah berkurangnya produksi urine, mulut kering, urine berwarna kuning atau gelap, kram otot, dan sakit kepala. 

Tiga per empat tubuh kita terdiri dari air, jadi sangat penting untuk mengonsumsi jumlah cairan yang disarankan. Namun, beberapa orang mempercayai bahwa minum lebih dari 6-8 gelas dari yang direkomendasikan tidak akana merusak tubuh.

Padahal itu salah besar. Ya, terlalu banyak air dalam tubuh bisa mengganggu kemampuannya untuk membersihkan sampah dan juga dapat mempengaruhi sistem peredaran darah dan otak. Bila ada terlalu banyak air di dalam tubuh, ginjal tidak dapat bekerja dengan baik, sementara darah juga menjadi lebih tipis.

Bila ginjal tidak mampu menyaring kelebihan air, cairan akan menumpuk di dalamnya dan membengkak, yang bisa menyebabkan masalah serius, seperti kejang dan bisa berakibat fatal. Untuk menghindarinya, konsumsilah air sesuai dengan yang disarankan per hari.

Sumber: Natural Healing Magazine

1 comment:

  1. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan! Biasanya ketika sedang kehausan saya suka tidak terkontrol minumnya sampai terasa enek perut.

    ReplyDelete