8 Tanda Ginjal Anda Tidak Bekerja dengan Baik

Ilustrasi ginjal.

Ginjal merupakan organ filtrasi utama yang bertanggung jawab untuk membersihkan limbah dari tubuh. Ginjal menyaring sekitar 190 liter darah dan membersihkan hingga 2 liter air per hari.

Dengan melakukan ini, berarti ginjal lah yang mengatur tekanan darah dan mampu memproduksi hormon yang dibutuhkan tubuh kita. Jika fungsinya terganggu, tubuh akan mengalami penumpukan racun dan berbagai kondisi serta sejumlah penyakit.

Inilah alasannya, mengapa sangat penting untuk mengenali tanda-tanda jika fungsi ginjal Anda berkurang dan tidak bereaksi tepat waktu. Berikut delapan gejala utama yang menunjukkan ginjal Anda tidak bekerja dengan baik.

Perubahan buang air kecil
Jika Anda merasa ingin selalu buang air kecil, atau urine Anda berubah warna dan berbau, mungkin ini menjadi tanda fungsi ginjal Anda terganggu. Segera periksa urine Anda, jika berbusa atau bergelembung, mungkin ini menjadi tanda adanya masalah ginjal. Jika Anda melihat ada perubahan pada urine Anda, segera kunjungi dokter.

Edema
Retensi air disebabkan karena penurunan fungsi ginjal dan dapat mengakibatkan pembengkakan pada wajah, kaki, dan pergelangan kaki.

Kelelahan
Ginjal menghasilkan hormon yang disebut Erythropoietin yang terlibat dalam penciptaan sel darah merah dan bertanggung jawab untuk pengangkutan oksigen ke sel-sel tubuh. Jika ginjal terganggu, produksi hormon akan berkurang, yang mengakibatkan anemia, kelelahan, pusing, dan sulit fokus.

Nyeri di punggung bawah
Sakit punggung juga dapat berhubungan dengan penyakit ginjal. Punggung dan nyeri pinggang, terkadang juga disebabkan oleh infeksi saluran kemih.

Rasa logam di mulut
Akumulasi racun dalam ginjal dapat menyebabkan rasa logam di mulut, dan dapat menyebabkan bau mulut.

Masalah kulit
Jika tidak ada oksigenasi dan penyaringan darah yang tepat, racun akan menumpuk di dalam darah dan menyebabkan ruam, jerawat, alergi, serta gatal-gatal.

Kedinginan
Jika Anda merasa dingin sepanjang waktu, terlepas dari pengaruh musim, mungkin ini merupakan tanda dari penyakit ginjal.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi
Ginjal bermasalah dapat menyebabkan banyak masalah dalam sistem kardiovaskular. Retensi air dan natrium dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Dan jika tidak diobati dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut segera kunjungi dokter, karena penyakit ginjal merupakan masalah serius yang dapat mengakibatkan banyak kerusakan dalam tubuh.

Sumber: Natural Healing Magazine

0 komentar:

Post a Comment