9 Bagian Tubuh Paling Kotor yang Tak Terpikirkan

Ilustrasi kotoran di pusar.

Jika seseorang bertanya, apa bagian paling kotor dari tubuh? Pasti kebanyakan orang akan menjawab anus. Tapi tahukah Anda, ternyata anus bahkan tidak masuk dalam daftar lima teratas bagian tubuh yang paling kotor.

Menurut para ilmuwan dari universitas Harvard, ada lebih dari 165 jenis bakteri di rongga mulut Anda. Ini berarti, rongga mulut merupakan bagian paling kotor dari tubuh Anda.

Namun selain mulut, ternyata ada delapan bagian tubuh lainnya yang dianggap paling kotor yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda. Lalu, mana saja bagian tubuh tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Mulut.
Mulut kita merupakan rumah bagi berbagai jenis bakteri yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Inilah sebabnya, sangat penting untuk membersihkannya dengan baik dan sering.

2. Ketiak.
Ketiak mengandung bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan keringat kita menimbulkan bau yang tidak menyenangkan. Deodoran dan parfum memang dapat menutupi bau tersebut, tetapi mereka tidak akan bisa menghancurkan bakteri di dalamnya. Untuk itu, Anda perlu mencucinya dengan baik dengan menggunakan sabun antimikroba yang kuat.

3. Telinga.
Lilin yang melumasi telinga Anda dan melindungi saluran telinga dari bakteri, serangga, dan air, membuat telinga menjadi salah satu bagian tubuh yang paling kotor. Jika Anda tidak membersihkannya dengan rutin, hal ini dapat mengakibatkan infeksi jamur.

4. Lidah.
Mulut dan lidah, keduanya mengandung berbagai jenis bakteri berbahaya, dan lidah bahkan dapat berubah warna jika terdapat bakteri. Saat Anda membersihkan mulut, Anda juga wajib membersihkan lidah untuk mencegah masalah mulut.

5. Jari kuku.
Kulit di bawah kuku sangatlah kotor, dan bakteri yang terdapat di bawahnya bahkan bisa berakibat fatal dalam beberapa kasus. Untuk itu, bersihkan tangan dan kuku Anda dengan baik sebelum menyentuh makanan.

6. Kepala
Jika kulit kepala Anda terasa gatal tapi bukan karena ketombe, Anda mungkin memiliki beberapa jenis infeksi bakteri. Cuci rambut Anda secara teratur untuk menghindari bakteri yang dapat merusak kulit kepala Anda.

7. Pusar
Mungkin pada permukaan pusar Anda terlihat bersih, tetapi sebenarnya, pusar menjadi sarang bakteri berbahaya. Banyak orang yang tidak memerhatikan kebersihan pusar mereka. Tidak membersihkannya dengan baik ketika mandi dapat mengakibatkan infeksi bahkan tumor. Jadi, pastikan Anda membersihkannya secara menyeluruh.

8. Anus.
Anus mengandung banyak bakteri berbahaya yang dapat berubah menjadi mematikan jika Anda tidak membersihkannya dengan baik.

9. Rongga hidung.
Anda mungkin tidak melihat ada kotoran di hidung. Tapi, tahukah Anda, setiap hari kita menghirup ratusan bakteri berbahaya melalui hidung. Untuk itu, bersihkan rongga hidung dengan baik, tapi jangan menggunakan jari-jari Anda, gunakan alat pembersih hidung (sistem irigasi hidung) sebagai gantinya.

Sumber: Time4changee

0 komentar:

Post a Comment