Ingin Ginjal Sehat? Konsumsi 7 Sayuran Ini

Ilustrasi ginjal.

Ginjal merupakan sepasang organ berbentuk seperti kacang yang terletak di perut bagian bawah. Peran ginjal adalah membuang kelebihan air dan kotoran dari tubuh. 

Ginjal memainkan peran utama dalam fungsi keseluruhan tubuh. Ginjal juga menghasilkan berbagai hormon yang membantu mengontrol tekanan darah dan secara tidak langsung menjaga tulang agar tetap kuat.

Beberapa penyakit yang berhubungan dengan ginjal, seperti kanker ginjal dan batu ginjal, sudah menjadi masalah umum yang dihadapi orang-orang saat ini. Batu ginjal dapat berkembang karena akumulasi mineral berlebih di dalam tubuh. Namun, ini dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayuran.

Sangat penting merawat ginjal Anda agar tetap sehat dengan menerapkan langkah-langkah sederhana, di antaranya makan dengan benar, minum banyak air, mengendalikan berat badan, memantau tekanan darah, berolahraga secara teratur, dan mengonsumsi sayur-sayuran berikut ini.


Kubis
Kubis sangat baik untuk penderita ginjal karena kandungan kaliumnya yang rendah. Kubis menjadi sumber vitamin K dan C, dan juga kaya serat. Kandungan fitokimianya juga mampu melawan kanker dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Kembang kol
Kembang kol dikenal sebagai sayuran ramah ginjal, karena dapat mengurangi peradangan dan oksidasi untuk berfungsinya ginjal. Kembang kol juga membantu dalam detoksifikasi ginjal. Kandungan serat tinggi yang ada di dalamnya membantu memerangi diabetes dan penyakit jantung.

Bawang putih
Bawang putih mengandung antioksidan dan membantu mengurangi peradangan ginjal. Bawang putih juga sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol.

Wortel
Penderita ginjal kronis disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mampu mengatur hipertensi dan wortel adalah salah satunya. Wortel juga dapat membantu mengendalikan diabetes yang merupakan penyebab utama penyakit ginjal.

Lobak
Lobak sangat bergizi dan kaya akan sifat obat. Lobak juga sangat rendah kalori. Lobak dapat membantu membersihkan racun yang terkumpul di ginjal dan menghambat infeksi di ginjal.

Biji labu
Biji labu kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Biji labu dapat menjaga fungsi ginjal agar tetap sehat dengan mengurangi risiko batu ginjal.

Kacang polong
Kontribusi kacang-kacangan terhadap batu ginjal sangat luar biasa. Kacang diketahui tinggi serat dan rendah kolesterol, yang mampu meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan serat yang tinggi dalam kacang polong dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

Sumber: Boldsky

0 komentar:

Post a Comment