Alami 8 Hal Ini, Berarti Ginjal Anda Tak Bekerja dengan Baik

Ilustrasi ginjal.

Ginjal merupakan organ filtrasi utama yang bertanggung jawab untuk membersihkan kotoran dari tubuh. Ginjal menyaring sekitar 190 liter darah per hari dan melepaskan hingga 2 liter air.

Dengan melakukan ini, ginjal mengatur tekanan darah kita dan mampu menghasilkan hormon yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jika fungsinya terganggu, tubuh akan menderita kelebihan racun dan sejumlah penyakit.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mengenali tanda-tanda penurunan fungsi ginjal agar Anda dapat menanganinya tepat waktu. Berikut delapan gejala utama yang menunjukkan ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik.

Perubahan urine dan buang air kecil
Jika Anda merasa sering ingin buang air kecil atau urine Anda berubah warna dan berbau, itu mungkin pertanda adanya gangguan fungsi ginjal. Periksa urine Anda, jika berbusa atau berbuih, ini mungkin pertanda masalah ginjal. Perhatikan apapun perubahan dalam urine Anda, dan jangan segan untuk memeriksakannya ke dokter.

Pembengkakan
Retensi air disebabkan oleh berkurangnya fungsi ginjal dan bisa mengakibatkan pembengkakan di wajah, kaki, dan pergelangan kaki.


Kelelahan
Ginjal menghasilkan hormon yang dikenal dengan Erythropoietin yang terlibat dalam penciptaan sel darah merah dan bertanggung jawab untuk pengangkutan oksigen ke sel-sel tubuh. Jika ginjal terganggu, produksi hormon akan berkurang dan mengakibatkan anemia, kelelahan, pusing dan sulit fokus.

Nyeri di punggung bawah
Sakit punggung dapat dikaitkan dengan penyakit ginjal. Nyeri punggung juga kadang disebabkan karena infeksi saluran kemih.

Rasa logam di mulut
Akumulasi racun di ginjal dapat menyebabkan rasa logam di mulut dan dapat menyebabkan bau mulut.

Masalah kulit
Jika tidak ada oksigenasi yang tepat dan penyaring darah, racun akan terakumulasi dalam darah Anda dan menyebabkan ruam, jerawat, alergi, dan gatal.

Kedinginan
Jika Anda merasa kedinginan sepanjang waktu tanpa memandang musim, itu mungkin merupakan tanda penyakit ginjal.

Hipertensi
Masalah ginjal dapat menyebabkan banyak masalah dalam sistem kardiovaskular. Retensi air dan sodium dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah Anda, dan jika tidak ditangani dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis. 

Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, segera kunjungi dokter, karena penyakit ginjal merupakan masalah serius yang dapat menyebabkan banyak kerusakan.

Sumber: Save our Bones

0 komentar:

Post a Comment