5 Jus Lezat untuk Hilangkan Asam Urat dari Tubuh

Ilustrasi aneka jus.

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh disebabkan ketika ginjal tidak dapat secara efektif mengeluarkannya melalui urine. Hal ini terjadi karena dua kondisi, pertama, saat kita mengonsumsi makanan yang mengandung banyak asam urat, kedua, ada beberapa masalah pada fungsi ginjal.

Namun, kadar asam urat tinggi kebanyakan terjadi saat kita mengonsumsi makanan kaya protein atau asam urat. Kelebihan asam urat dikeluarkan oleh ginjal, namun sebagian masih dalam tubuh.

Asam urat di dalam darah ini terakumulasi di sendi tubuh, kebanyakan terjadi pada sendi jari, seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, dan siku. Kondisi ini dikenal sebagai asam urat. Dalam kondisi ini, Anda akan mengalami rasa sakit, kemerahan dan pembengkakan di mana asam urat terakumulasi.

Gout paling sering terjadi pada pria paruh baya dan bisa terjadi saat kita tidak bisa mengontrol untuk mengonsumsi beberapa makanan, seperti konsumsi daging berlebih, hati, bawang bombay, kacang polong, jamur, dan lain-lain yang kaya akan purin.

Beberapa faktor lain yang menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh adalah, konsumsi terlalu banyak alkohol, kenaikan berat badan, diabetes, dan hipotiroidisme. Beberapa jus berikut ini akan membantu Anda menghilangkan asam urat dari tubuh.


Jus nanas
Jus nanas mengandung enzim bromelain yang mampu menghilangkan kelebihan asam urat di tubuh. Jus ini dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan sendi akibat akumulasi asam urat. Enzim yang ada dalam nanas mampu melarutkan asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh melalui urine.

Jus wortel dan mentimun
Buatlah jus dari 2 wortel, 1 mentimun, dan 8 tangkai seledri. Minum di pagi hari untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh Anda. Jus ini akan membuat Anda terhidrasi di siang hari. Konsumsi selama 15-20 hari untuk menghilangkan semua asam urat dari tubuh.

Jahe
Parut beberapa potong jahe dan rebus. Biarkan dingin lalu minum. Anda juga bisa mencampurnya dengan sedikit madu untuk menambah rasa. Jus jahe dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan sendi, di mana asam urat terakumulasi.

Jus ceri
Hasil studi telah menunjukkan, ceri sangat efektif dalam menurunkan kadar asam urat. Buatlah jus ceri dan minum dua kali sehari untuk mencegah rasa sakit dan pembengkakan akibat asam urat.

Jus apel
Jus apel dapat menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga mampu menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan. Apel juga mengandung asam malat, yang efektif mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Untuk itu, Anda harus mengonsumsi setidaknya satu buah apel setiap hari untuk menghilangkan gejala asam urat.

Sumber: Boldsky

0 komentar:

Post a Comment