Tanda Awal Kanker Berkembang di Tubuh Anda

Ilustrasi sel kanker.

Menurut American Cancer Society, lebih dari sepertiga dari 562.000 kematian akibat kanker terjadi sebagai konsekuensi dari obesitas, ketidakaktifan fisik, dan diet tidak sehat. Peran utama dalam penciptaan kanker disebabkan oleh kurangnya konsumsi vitamin D dan kesadaran berhenti merokok yang rendah.

Lalu, bagaimana cara mendeteksi penyakit mematikan ini? Ya, selain melakukan pemeriksaan rutin, ada cara lain untuk mendeteksi kanker. Pertama, sangat penting bagi Anda untuk menemukan perubahan yang terjadi dalam tubuh, dan dapat mengenali bahwa ada sesuatu yang tidak benar di dalam tubuh Anda.

Banyak orang yang gagal mengenali beberapa gejala utama dari penyakit yang merugikan ini, dan seringkali mereka terlambat melakukan pengobatan, sehingga hasil positif pun tidak didapat. Berikut adalah beberapa tanda kanker yang paling umum.

Napas tersengal dan mengi
Ini adalah gejala kanker paru yang sangat umum

Batuk kronis dan nyeri di dada
Beberapa jenis kanker seperti leukemia dan tumor paru menyebabkan batuk yang sering membingungkan dengan penderita bronkitis. Nyeri dada sering terasa tak hanya di sekitar dada saja, tapi juga di lengan dan bahu.

Sering infeksi dan demam
Kedua gejala ini sangat umum terjadi pada kanker leukemia, yaitu kanker sel darah yang diketahui menjadi penyebab perkembangan produksi sel darah putih berlebih, yang memiliki efek negatif pada kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Kesulitan menelan
Ini adalah tanda yang sangat umum dari kanker tenggorokan atau kerongkongan. Tetapi terkadang, ini juga bisa terjadi pada penderita kanker paru-paru.

Pembengkakan pada kelenjar getah bening, benjolan di leher, ketiak, dan selangkangan.
Setiap perubahan yang berhubungan dengan kelenjar getah bening bisa menjadi indikator masalah dengan sistem limfatik, bahkan kanker.

Memar dan pendarahan berlebihan dan tidak berhenti.
Ini berarti ada masalah dengan trombosit dan sel darah merah. Biasanya, ini adalah tanda dari leukemia.

Kelelahan
Jika Anda merasa lelah bahkan setelah tidur nyenyak atau beristirahat, segera berkonsultasilah dengan dokter Anda. Karena kelelahan berkepanjangan sangat sering terjadi pada banyak jenis kanker.

Kembung dan kenaikan berat badan di perut
Kembung mendadak sangat umum terjadi pada kanker ovarium, dan juga kenaikan berat badan secara tiba-tiba di daerah perut.

Nyeri di perut dan panggul
Ini adalah indikator umum dari kanker ovarium, yang terjadi bersamaan dengan kembung. Leukemia diketahui menimbulkan sakit perut karena limpa yang lebih besar dari biasanya.

Kotoran berdarah dan pendarahan rektum
Dua gejala ini sangat umum terjadi pada kanker kolorektal.

Perdarahan di antara siklus dan periode yang menyakitkan
Kedua gejala ini sangat umum terjadi pada kanker endometrium atau rahim.

Luka dan benjolan kulit berubah berkerak atau berdarah.
Tanda-tanda ini mengindikasikan kanker kulit, seperti melanoma, karsinoma sel basal, dan karsinoma sel skuamosa.

Lalu, bagaimana cara menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker? 
  • Jalani diet yang lebih sehat
  • Aktif secara fisik
  • Tidur yang cukup
  • Tetap terkena sinar matahari
  • Hindari stres.
Sumber: Health Tips Portal
Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment