5 Gejala Gagal Ginjal yang Patut Anda Waspadai

Ilustrasi nyeri di punggung bawah.

Gagal ginjal atau ginjal akut merupakan kondisi medis serius yang terjadi akibat adanya gangguan fungsi ginjal. Ginjal mengandung sekitar 2 juta nefron, dan menyaring 3-4 liter darah setiap 5 menit, yang membuatnya sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Ginjal tidak pernah berhenti bekerja, itulah sebabnya penting untuk melindungi ginjal jika Anda ingin tetap sehat. Sama seperti penyakit lainnya, melakukan pencegahan tentu lebih baik daripada mengobati.

Tubuh mengirimkan beberapa sinyal peringatan tepat sebelum ginjal mengalami kerusakan, dan Anda perlu mengenalinya tepat waktu untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Berikut beberapa gejala umum dari gagal ginjal yang wajib Anda ketahui.

Pembengkakan
Bila ginjal meradang dan tidak bekerja dengan baik, mereka tidak akan bisa menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh, yang pada akhirnya akan menyebabkan pembengkakan di sekitar kaki. Jadi, jika Anda merasakan gejala ini, kami sarankan untuk mengunjungi dokter secepatnya.

Ruam kulit
Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik tidak akan bisa mengeluarkan toksin dari darah, dan akan memunculkannya pada kulit dalam bentuk ruam.

Sesak napas
Sesak napas merupakan salah satu gejala gagal ginjal yang paling sering diabaikan. Akumulasi racun dalam darah akan menurunkan aliran oksigen di banyak organ, termasuk paru-paru, sehingga menyebabkan sesak napas.

Nyeri punggung bawah
Karena ginjal berada tepat di bawah punggung bawah, masalah apapun di dalamnya bisa bermanifestasi melalui nyeri punggung bawah.

Mual, pusing, dan kehilangan fokus
Bila ginjal tidak bekerja dengan benar, mereka tidak akan mampu menyuplai darah bersih ke otak dan jaringan lain, sehingga menyebabkan masalah neurologis, seperti pusing dan kehilangan fokus. 

Sumber: Healthy Life Vision

0 komentar:

Post a Comment