8 Tanda Anda Menderita Kanker Paru-paru

Ilustrasi gejala kanker paru-paru.

Kanker paru-paru adalah jenis kedua kanker yang paling umum yang memengaruhi baik pria maupun wanita dari segala usia. Bahkan, hingga 27 persen dari semua kematian akibat kanker di Amerika Serikat disebabkan oleh kanker jenis ini.

Saat ini, ada 402.326 orang Amerika yang tercatat menderita kanker paru-paru, dan angka ini diprediksi akan terus mengalami peningkatan.

Untuk itu, mengetahui gejala-gejala dari kanker paru-paru sangatlah penting, karena ini merupakan salah satu tindakan pencegahan terbaik terhadap penyakit tersebut. Jika Anda menemukan salah satu dari tanda-tanda ini, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

1. Nyeri tulang.
Tanda peringatan ini biasanya memengaruhi tulang panggul, tulang rusuk, tulang belakang, tulang besar paha, dan bahu. Jika Anda merasakan sakit di salah satu bagian tubuh tersebut, konsultasikan dengan dokter Anda secepat mungkin, karena ada kemungkinan kanker telah menyebar ke tulang.

2. Mengi
Kanker paru-paru sering menyebabkan saluran udara terhambat dan obstruksi jalan napas yang merupakan hasil dari pertumbuhan tumor dan peradangan. Selain itu, kondisi ini dapat menyebabkan sinus meradang, produksi lendir berlebih, dan masalah pernapasan.

3. Penurunan berat badan tiba-tiba
Sel-sel kanker membutuhkan banyak energi, untuk itu kanker akan membuat perubahan tertentu dalam metabolisme Anda. Akibatnya, proses penurunan berat badan terjadi secara tiba-tiba, terutama jika disertai dengan kelelahan dan kelemahan, mungkin ini menunjukkan sesuatu yang serius. Bahkan, Anda bisa saja kehilangan hingga 10 kg meski Anda tidak melakukan perubahan dalam pola makan dan olahraga. Dan ini merupakan indikasi pertama dari penyakit ini.

4. Suara serak
Tumor juga akan berdampak pada fungsi laring, untuk itu, suara serak atau perubahan lain dalam suara, juga menjadi gejala dari kanker paru-paru. Jika disertai dengan batuk darah, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

5. Sulit bernapas
Kanker paru-paru membatasi aliran udara di saluran napas dan cenderung menyebabkan penimbunan cairan di sekitar paru-paru. Akibatnya, Anda akan kesulitan bernapas. Oleh karena itu, jika Anda mengalami sesak napas saat melakukan aktivitas normal sehari-hari, konsultasikan dengan dokter Anda secepat mungkin.

6. Batuk terus-menerus
Banyak masalah kesehatan yang ditandai dengan batuk. Namun, jika batuk Anda tidak mereda selama lebih dari 2 minggu, ini dapat menjadi tanda dari kanker paru-paru.

7. Perubahan batuk
Jika batuk Anda terasa menyakitkan dan menimbulkan perubahan suara, berarti Anda memerlukan bantuan medis. Tanda-tanda mengkhawatirkan lainnya antara lain, lendir berwarna hijau, batuk darah, dan lendir berwarna karat.

8. Sakit dada
Jika batuk Anda disertai nyeri dada, ini juga bisa menjadi tanda kanker paru-paru. Jenis rasa sakit ini biasanya tajam dan terus-menerus, serta dapat menjadi tanda atau masalah kesehatan lainnya juga. Apapun jenisnya, nyeri dada tetap memerlukan perhatian medis.

Sumber: Nature Health and Beauty

0 komentar:

Post a Comment