Awas, Makanan Ini Penyebab Kerusakan di Tubuh Anda

Ilustrasi sel kanker.

Zaman memang semakin modern, beragam kemudahanpun bisa Anda dapatkan dalam semua aspek kehidupan. Pun, dalam hal makanan. Banyak makanan instan yang dijual, ditambah rasanya yang lezat membuat banyak orang sudah pasti tergiur.

Tapi jangan salah, makanan lezat belum tentu menyehatkan, bukan? Seperti makanan yang akan kami bahas berikut ini, yang menjadi penyebab atas sejumlah masalah kesehatan serius.

Makanan ini tidak sehat dalam banyak hal. Bahkan dalam sebuah studi baru menunjukkan, saat dimakan lebih dari dua kali dalam seminggu, makanan ini dapat menyebabkan kanker. Lalu, makanan apakah yang dimaksud?

Ya, makanan tersebut adalah junk food. Junk food tinggi lemak, ketika Anda mengonsumsinya dengan segelas minuman dingin, lemak tidak akan terbakar dalam sistem pencernaan, sehingga mengarah pada penumpukan sel-sel lemak dan berubah menjadi kanker. Berikut beberapa hal kejam yang dilakukan junk food terhadap tubuh Anda.


Penyebab diabetes
Junk food tidak memiliki kandungan serat, konsumsi secara teratur bisa menyebabkan lonjakan gula darah, yang pada gilirannya menyebabkan diabetes tipe 2.

Penyebab masalah pencernaan
Saat Anda menjadikan junk food sebagai kebiasaan, perut Anda akan terkena sejumlah masalah kesehatan. Kemungkinan besar, Anda akan menderita GERD dan irritable bowel syndrome (IBS).

Kelelahan
Selama periode waktu tertentu, junk food dapat membuat Anda merasa lelah dan malas. Ini karena makanan ini tidak mengandung serat dan energi.

Penyebab depresi
Junk food tidak memiliki jumlah nutrisi yang baik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan perubahan hormon pada wanita dan mengakibatkan perubahan suasana hati dan depresi.

Penyebab kelainan bentuk otak
Penelitian terbaru menunjukkan, lemak jahat (lemak trans) dari junk food cenderung menggantikan lemak sehat di otak dan mengganggu mekanisme pensinyalan normalnya. 

Penyakit jantung
Hampir 90 persen junk food mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Kedua jenis lemak ini akan meningkatkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dengan demikian, akan memengaruhi jantung, menyebabkan serangan atau penyakit jantung.

Penyakit ginjal
Junk food mengandung banyak lemak jahat dan natrium yang pada gilirannya mengganggu keseimbangan natrium-kalium tubuh dan menyebabkan hipertensi. Ginjal harus memilah racun dalam tubuh, yang dalam periode tertentu dapat menyebabkan masalah pada organ.

Menyebabkan kerusakan hati
Junk food juga dapat menghancurkan organ hati Anda. Lemak trans yang terkandung dalam junk food akan menimbulkan disfungsi hati.

Penyebab kanker
Kandungan gula dan lemak yang tinggi dalam junk food, dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker kolorektal. 

Obesitas
Junk food dapat membuat Anda merasa lesu dan malas, karenanya akan membuat Anda kurang aktif secara fisik.

Sumber: Boldsky
Loading...
loading...

1 comment: