5 Obat Batuk Kering Terbaik yang Ada di Dapur Anda

Ilustrasi wanita batuk.

Batuk bisa sangat mengganggu dan sulit untuk disembuhkan. Batuk merupakan tindakan protektif dari tubuh dan biasanya disebabkan oleh iritasi di tenggorokan. Meski batuk dapat membantu Anda pulih dari flu dan pilek, tetapi batuk kronis berbahaya, karena dapat menjadi pertanda masalah yang lebih besar.

Batuk kronis dapat disertai dengan banyak gejala, termasuk suara serak, berkeringat saat malam hari, hidung berair, nyeri ulu hati, sesak napas, mengi, dan muntah. Secara umum, batuk disebabkan oleh pilek, flu, infeksi, bronkitis, asma, GERD, dan emfisema.

Kebanyakan orang mencoba meredakan batuk dengan minum sirup dan tablet hisap. Tetapi, sebenarnya obat-obat ini memiliki berbagai efek samping. Sebenarnya, ada banyak solusi alami yang dapat membantu mengobati batuk Anda tanpa efek samping dan tanpa merusak kesehatan Anda. Selain itu, bahan-bahan alami ini juga umumnya sudah tersedia di dapur Anda.


Air
Cukup tingkatkan asupan air Anda. Ini merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan batuk kering. Batuk sering disebabkan oleh hidrasi yang tidak tepat. Untuk itu, pastikan untuk minum 6-8 gelas air atau lebih setiap hari.

Bawang putih
Kandungan antibakteri dan antiviral dalam bawang putih, mampu membantu Anda mengatasi flu, pilek, dan batuk. Bawang putih mampu memperkuat sistem kekebalan Anda lebih baik dari yang lain. 

Madu
Madu merupakan penekan batuk alami yang hebat. Madu akan menenangkan iritasi di tenggorokan dan juga menghidrasi. Minum satu sendok madu 3 kali sehari dan tambahkan beberapa teh herbal untuk meredakan batuk Anda dengan cepat.

Air garam
Berkumur air garam beberapa kali sehari merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bakteri di tenggorokan dan meredakan peredangan. Cara ini juga akan menghidrasi tenggorokan dan mencegah batuk kering terjadi lagi.

Kunyit
Bahan curcumin dalam kunyit dapat menyembuhkan batuk dan mengatasi masalah kesehatan lainnya juga. Rebus 1/2 cangkir air dan tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit dan biji kapulaga, lalu minum teh ini selama beberapa hari untuk menenangkan iritasi di tenggorokan Anda.

Sumber: Healthy Life Vision

Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment