Awas, Merasa Lelah di Waktu Ini Bisa Jadi Tanda Diabetes

Ilustrasi diabetes.

Kadang-kadang, ketika tubuh terlalu banyak bekerja, atau jika seseorang sedang mengalami stres secara mental, itu bisa menyebabkan kelelahan. Namun, jika Anda mengalami kelelahan lebih sering, itu bisa menjadi pertanda buruknya kesehatan.

Bahkan, lelah merupakan tanda dari sebagian besar penyakit, baik itu besar atau kecil, mental atau fisiologis. Misalnya, ketika seseorang mengalami sakit kepala yang parah, rasa sakit itu akhirnya bisa menyebabkan kelelahan. Dan seseorang yang memiliki penyakit utama, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes, juga menderita kelelahan.

Berbicara mengenai diabetes, studi terbaru menunjukkan bahwa ketika seseorang merasa lelah pada suatu periode tertentu, itu bisa menjadi tanda diabetes, terutama jika mereka melihat gejala lain dari gangguan ini.

Diabetes dapat digambarkan sebagai gangguan metabolisme, di mana ada peningkatan abnormal dalam kadar gula darah tubuh, karena fluktuasi hormon insulin. Diabetes tidak dapat disembuhkan, tetapi gejalanya dapat diobati jika diketahui tepat waktu dengan mengonsumsi obat-obatan biasa dan perubahan gaya hidup.


Ketika seseorang menderita diabetes, kadar gula darahnya akn tinggi secara abnormal, dan memicu sejumlah gejala yang terkait dengan gangguan tersebut. Jadi, jika seseorang merasa lelah di tengah hari, yaitu antara jam 1 sampai 4 sore, terutama setelah makan siang, itu bisa menunjukkan adanya diabetes.

Ini karena, terutama jika seseorang baru saja mengonsumsi makanan, kadar gula darah yang sudah tinggi akan meningkat lebih banyak lagi. Tubuh kemudian harus bekerja lebih keras untuk memproses gula ini, karena kadar hormon insulin rendah pada pasien diabetes.

Hal ini dapat menyebabkan seseorang merasa  sangat lelah tiba-tiba pada tengah hari, meskipun mereka tidak melakukan aktivitas yang berat. 

Meskipun diabetes dapat menyebabkan kelelahan setelah makan setiap hari, karena makanan semakin menaikkan kadar gula darah, merasa lelah di tengah hari dapat menjadi tanda diabetes yang lebih kuat.

Hal ini karena, pada orang yang tidak menderita diabetes, kadar gula darah relatif rendah selama tengah hari. Jadi, peningkatan kadar gula darah selama waktu ini menekankan fakta bahwa seseorang bisa terkena diabetes.

Namun, gejala kelelahan selama tengah hari setelah makan, mungkin tidak cukup untuk menentukan fakta bahwa seseorang menderita diabetes. Harus ada setidaknya beberapa gejala diabetes yang dialami, bersama dengan rasa lelah yang Anda alami pada tengah hari untuk memberi tahu seseorang bahwa sudah waktunya untuk melakukan pemeriksaan diabetes.

Sumber: Boldsky

Loading...
loading...

1 comment:

  1. Sering kehausan di malam hari juga harus diwaspadai. Bisa jadi ini tanda terkena diabetes.

    ReplyDelete