Awas, Tanaman Ini Bisa 'Bunuh' Anda Jika Menyentuhnya

Tanaman datura.

Ya, tanaman ini bernama datura. Datura sebenarnya adalah genus dari lebih banyak spesies tumbuhan berbunga vespertine beracun dari keluarga Solanaceae, yang umumnya dikenal sebagai sangkakala setan, bunga bulan, jimsonweed, lonceng neraka, atau apel berduri.

Tanaman ini sangat beracun, dan telah digunakan sebagai racun untuk bunuh diri dan pembunuhan selama berabad-abad. Pada tahun 1881, Albert Ladenburg pernah mengisolasi dengan tanaman ini. Hasilnya, skopolamin dan alkaloid tropane dalam tanaman ini dapat menyebabkan kantuk, pupil melebar, dan penglihatan kabur.

Inilah sebabnya mengapa tanaman datura sangat populer di kalangan penjahat, yang menggunakannya sebagai obat bius untuk menculik orang. Efek dari tanaman ini telah dibandingkan dengan 'virus zombie', saat berada di bawah pengaruhnya, seseorang bisa menjadi patuh dan rentan, oleh karenanya tanaman ini juga sering digunakan sebagai obat pemerkosaan di klub malam.

Tanaman datura sangat efektif, sehingga efeknya akan cepat terasa jika Anda menyentuh, mencium, atau menghirupnya. Hal yang paling aneh dari efek tanaman ini adalah korban tidak bisa melihat. Tanaman ini membuat semuanya tampak normal, namun efeknya sangat kuat.

Kandungan skopolamin pada tanaman ini akan berdampak pada sistem kognitif dan perilaku kita juga. Ini merupakan senyawa psikotropika yang agresif yang dapat membuat korbannya patuh. Begitu tertelan, korban langsung tak berdaya.

Meski beratnya hanya 5-6 gram, benih dari tanaman ini yang berwarna gelap dan memiliki rasa manis ini, merupakan bagian yang paling beracun. Tanaman datura mengandung tiga alkaloid propana beracun, yaitu skopolamin, atropin dan hyoscyamine.

Senyawa ini memiliki efek yang mirip dengan narkotika meskipun dalam jumlah kecil. Sifat antikolinergiknya dapat menyebabkan delirium berjam-jam, namun bisa berakibat fatal dalam jumlah besar. Gejala utama dari senyawa ini antara lain, mulut kering, pusing, pupil melebar, tekanan darah tinggi, kejang, halusinasi, tremor, lumpuh, dan koma.

Efek dari tanaman ini bisa bertahan selama 8 jam bahkan sampai beberapa hari. Datura adalah salah satu tanaman paling beracun di dunia, bahkan serbuk sarinya pun beracun. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari efek dari skopolamin yang terkandung dalam tanaman ini, dan tidak tahu apa-apa tentang tanaman datura. Untuk itu, hindari tanaman ini sebisa mungkin agar Anda tidak menjadi korban pengaruhnya.

Sumber: Livescience

0 komentar:

Post a Comment