Ini Waktu Tidur yang Direkomendasikan untuk Setiap Umur

Durasi tidur untuk setiap umur.

National Sleep Foundation merekomendasikan waktu tidur yang sesuai dengan usia Anda. Dan jumlah jam tidur Anda dapat mendukung energi yang cukup untuk melakukan aktivitas di siang hari, kesehatan yang optimal, dan juga kesehatan mental.

Masalah tidur dapat terjadi karena berbagai faktor, salah satunya karena stres dan teknologi modern. Stres dapat merangsang produksi kortisol, yaitu hormon stres. Pada tingkat tinggi, hormon ini dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak, sakit, dan timbul ketidaknyamanan.

Di sisi lain, cahaya yang dipancarkan dari perangkat teknologi, akan menghambat kemampuan otak untuk melepaskan melatonin, karena tubuh mampu memproduksi hormon ini dalam keadaan gelap.

Kesulitan tidur dapat menyebabkan kelelahan fisik, sulit untuk berpikir jernih, sulit membuat keputusan dan berkonsentrasi, serta menyebabkan hilangnya nafsu makan. Bahkan, hasil penemuan menyatakan, masalah tidur secara langsung dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan.

Tidur kurang dari 5 jam dapat memengaruhi kesehatan jantung, sementara kurang dari 7 jam dapat mengarah pada penambahan berat badan, diabetes, dan obesitas. Untuk itu, pastikan Anda tidur cukup untuk mencegah berbagai masalah kesehatan.

Charles Czeisler, seorang profesor di Universitas Harvard, bersama dengan tim ahli melakukan penelitian, termasuk dari banyak penelitian dari tahun 2004-2014, dalam rangka untuk mengetahui jam tidur yang dibutuhkan dan efek tidur untuk kesehatan. Menurut tahap pengembangan yang berbeda, mereka membuat kesimpulan sebagai berikut.

  • Baru lahir (0-3 bulan): 14 hingga 17 jam.
  • Bayi (4-11 bulan): 12 sampai 15 jam.
  • Anak-anak (1-2 tahun): 11 sampai 14 jam.
  • Prasekolah (3-5 tahun): 10 sampai 13 jam.
  • Usia sekolah (6-13 tahun): 9 sampai 11 jam.
  • Remaja (14 sampai 17): 8 sampai 10 jam.
  • Kaum muda (18-25 tahun): 7 sampai 9 jam.
  • Dewasa (26-64 tahun): 7 sampai 9 jam.
  • Senior (di atas 65 tahun): 7 sampai 8 jam.
Namun ingat, setiap individu membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk berisitirahat, pedoman ini hanya perkiraan saja. Tapi faktanya, kurang tidur dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius bagi semua orang.

Sumber: My Healthy Life Guide

1 comment: