Jika Anda Mengalami Nyeri Usus Buntu, Konsumsi 7 Makanan Ini

Ilustrasi nyeri usus buntu.

Apendisitis merupakan peradangan usus buntu yang memanjang dari usus besar. Mungkin Anda tidak tahu persis apa fungsi dari usus buntu, tetapi hampir semua orang tahu kalau nyeri usus buntu itu sangat menyakitkan.

Radang usus buntu dapat pecah jika tidak ditangani dan menyebabkan cedera serius pada rongga perut dalam bentuk peritonitis. Gejala radang usus buntu, di antaranya rasa sakit di sisi kanan bawah perut, kehilangan nafsu makan, muntah, diare, dan lain-lain.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsultasikannya ke dokter untuk penanganan yang tepat. Namun, Anda juga dapat mengonsumsi beberapa makanan berikut ini sebagai pengobatan tambahan untuk mengatasi usus buntu. Apa saja?

Bawang putih
Bawang putih dikenal karena sifat anti inflamasinya dan mampu menenangkan rasa sakit. Konsumsi satu siung bawang putih mentah saat perut kosong setiap hari, atau Anda bisa mencampurkannya ke dalam masakan Anda.


Konsumsi serat
Makan cukup serat dapat meringankan sembelit, yang dapat memperburuk peradangan pada usus buntu. Cobalah untuk mengonsumsi sayuran yang mengandung serat, seperti kacang panjang, bit, wortel, brokoli. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi beras merah, biji bunga matahari dan buah-buahan segar.

Castor oil atau minyak jarak
Minyak jarak sangat efektif untuk mengobati nyeri usus buntu. Minyak ini dapat membantu mengurangi penyumbatan dan menenangkan peradangan. Mengoleskan minyak jarak juga bisa mengatasi sembelit. Tuangkan 2 sendok minyak jarak ke kain flanel lalu tempelkan di perut Anda.

Minum air putih
Semakin banyak air putih yang Anda minum, semakin mudah Anda mengobati rasa sakit usus buntu Anda. Air diketahui dapat mencegah sembelit dan mengeluarkan racun. Selain itu, konsumsi juga jus buah dan sayuran, serta katakan tidak pada alkohol.

Daun mint
Daun mint dapat mengatasi gas usus selain mual dan muntah. Daun mint juga dapat memberi kelegaan dari rasa sakit yang disebabkan oleh usus buntu. Anda bisa minum teh dari daun mint dengan madu mentah.

Jahe
Jahe juga dapat membantu mengobati radang usus buntu, berkat sifat anti inflamasinya. Minum teh jahe 2-3 kali sehari akan membantu. Anda juga dapat memijat perut bagian bawah dengan minyak jahe selama beberapa waktu setiap hari.

Lemon
Lemon dapat memberi kelegaan dari gangguan pencernaan, sembelit dan mengobati rasa sakit. Vitamin C dalam buah ini juga dapat membuat kekebalan tubuh Anda lebih kuat untuk mencegah infeksi lebih lanjut. Anda bisa minum perasan lemon yang dicampur dengan madu mentah.

Sumber: Boldsky
Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment