Banyak Disukai, Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Turunkan Kadar Gula Darah

Ilustrasi cek gula darah.

Diabetes merupakan gangguan kronis yang perlu diobati secara efektif. Namun, pengobatan terbaik untuk penyakit satu ini adalah dengan mencegahnya. Untuk mencegah komplikasi kesehatan yang ditimbulkan dari penyakit ini, adalah dengan menjaga agar penyakit ini tetap terkendali.

Dalam kasus yang parah, diabetes dapat menimbulkan komplikasi kesehatan, seperti stroke atau penyakit ginjal. Beberapa gejala utama diabetes di antaranya, meningkatnya rasa haus dan lapar, penurunan berat badan, kelelahan, sering buang air kecil dan penyembuhan luka yang lambat.

Untuk mengontrol diabetes, dibutuhkan beberapa solusi, baik dengan minum obat, menjalani diet ketat dan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat. Termasuk mengonsumsi makanan kaya serat dan mengandung indeks glikemik rendah. Lalu, makanan apa saja yang dimaksud? Berikut daftarnya.

Telur
Telur kaya akan protein. Mengonsumsi telur dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi peradangan dan meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL. Selain itu, telur rebus juga dapat mengurangi kadar gula darah.


Yogurt
Yogurt merupakan pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Untuk mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, konsumsi yogurt Yunani dapat bermanfaat karena kandungan probiotiknya. Produk susu ini tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga memperbaiki komposisi tubuh penderita diabetes tipe 2.

Kacang-kacangan
Hazelnut, almond, kacang Brazil, kacang mede, dan lain-lain, merupakan sumber kaya serat dan mengandung karbohidrat rendah yang mudah dicerna. Studi mengungkapkan, konsumsi kacang-kacangan ini setiap hari dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol LDL dan kadar insulin.

Stroberi
Kandungan antioksidan dalam stroberi dapat membantu mengurangi kadar insulin dan mengendalikan kadar gula darah untuk pasien diabetes tipe 2. Blueberry juga bermanfaat untuk mengontrol diabetes.

Cokelat hitam
Para peneliti menemukan bahwa cokelat hitam mampu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin dan secara signifikan meningkatkan kemampuan untuk mencegah diabetes. Selain itu, cokelat hitam juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat dalam tubuh. Cokelat hitam juga dapat membantu memperkuat pembuluh darah Anda.

Sumber: Boldsky
Loading...
loading...

1 comment:

  1. Apabila saya ingin mengajukan penawaran kerjasama iklan, apakah bisa diinformasikan untuk contact handphone (connect WA) atau direct email yg bisa saya tuju..


    Salam,
    Robinhard
    0812-1344-2420

    ReplyDelete