Jangan Abaikan, Bau di Tubuh Menunjukkan Anda Punya Penyakit Tertentu

Ilustrasi bau.

Setelah lelah beraktivitas dari Senin hingga Jumat, jika tidak ada kegiatan, biasanya akhir pekan akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk beristirahat. Nah, tidak sedikit yang hanya menghabiskan waktunya dengan bermalas-malasan di kamar dan tidak melakukan apapun, termasuk mandi.

Ya, tentu saja ini akan menimbulkan bau badan. Tetapi, setelah  mandi, menggunakan deodoran dan menyikat gigi, tubuh kita akan kembali segar dan tidak berbau. 

Namun, jika bau badan Anda tidak hilang, Anda patut waspada. Pasalnya, dalam beberapa kasus, ada beberapa bau tubuh yang menandakan masalah kesehatan yang serius, karena beberapa penyakit menghasilkan bau yang unik dan berbeda. Lalu, bau tubuh seperti apa saja yang mengindikasikan penyakit?


Aroma buah menandakan gejala diabetes
Komplikasi diabetes yang disebut diabetic ketoacidosis (DKA), terjadi ketika tubuh Anda kekurangan insulin dan gula darah Anda meningkat. Aroma buah muncul karena ada penumpukan keton dalam darah.

Bau kaki menandakan infeksi jamur
Jika Anda memiliki kulit kering dan bersisik di sekitar jari kaki, bersama dengan kemerahan dan lepuh, Anda mungkin menderita infeksi jamur. Kaki Anda akan mengeluarkan bau yang disebabkan kombinasi bakteri dan jamur yang mengikis ke dalam kulit Anda.

Tinja berbau busuk gejala intoleransi laktosa
Jika usus kecil tidak menghasilkan cukup laktosa, usus kecil akan mengarahkan laktosa langsung ke usus besar. Bakteri susu akan memfermentasi, sehingga tinja Anda akan mengeluarkan bau busuk.

Urine berbau kuat, gejala infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih dapat menghasilkan urine yang mirip dengan bau kimia. Ini terjadi ketika E.coli masuk ke saluran kemih dan uretra Anda. Mereka berkembang biak di kandung kemih sehingga menyebabkan infeksi.

Bau mulut menandakan sleep apnea
Jika Anda memiliki bau mulut terus-menerus meski sudah rajin menyikat gigi, Anda mungkin menderita sleep apnea yang tidak terdiagnosis. Sleep apnea disebabkan karena merokok berlebihan, sehingga menyebabkan Anda bernapas melalui mulut di malam hari. Ini dapat membuat mulut Anda sangat kering, yang menjadi penyebab mulut Anda berbau.

Sumber: Boldsky
Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment