Ternyata Semangka Bisa Atasi Stroke dan Kanker, Begini Cara Mengolahnya

Ilustrasi semangka.

Ya, kebanyakan orang pasti sudah tahu bahwa semangka merupakan buah lezat dan bisa menyehatkan manusia. Namun, hanya sedikit yang menyadari fakta bahwa nutrisi dalam semangka sangat kuat, sehingga dapat mencegah beberapa kondisi medis yang serius.

Di antaranya adalah stroke dan kanker. Keduanya merupakan penyakit berbahaya. Kanker adalah penyakit di mana terdapat perkalian sel yang tidak normal di dalam tubuh, yang akhirnya menjadi tumor yang menghancurkan jaringan dan organ. Dalam kebanyakan kasus, kanker bahkan dapat menyebabkan kematian. 

Sedangkan stroke merupakan suatu kondisi di mana terjadi kerusakan otak akibat kurangnya pasokan darah ke otak dan biasanya disebabkan oleh gumpalan di otak. Stroke bisa sangat menghancurkan, karena dapat menyebabkan kelumpuhan total atau sebagian pada seseorang dan dapat membuat penderitanya terbaring di tempat tidur selama sisa hidupnya. Jadi, untuk mencegah kanker dan stroke, Anda bisa mengonsumsi minuman yang berbahan dasar semangka berikut ini.


Bahan:
  • 1 gelas jus semangka segar tanpa tambahan apapun
  • 2 sendok makan perasan jeruk nipis
Campurkan perasan jeruk nipis ke dalam jus semangka. Aduk hingga rata. Jus semangka siap dikonsumsi. Konsumsi minuman ini setiap hari sebelum sarapan, selama Anda bisa.

Jus menyehatkan ini dapat bekerja dengan sangat baik jika dikonsumsi secara teratur. Namun perlu diingat, jus ini akan lebih efektif jika Anda melakukan perubahan gaya hidup yang juga dapat membantu mencegah penyakit, seperti mengonsumsi makanan sehat, menghindari makanan berlemak dan daging merah, hindari merokok dan alkohol, mengurangi stres, berolahraga setiap hari, dan lain-lain.

Semangka kaya akan enzim likopen yang memiliki kemampuan untuk mencegah pembekuan darah di otak, dengan meningkatkan aliran darah dan menjaga pembuluh darah tetap melebar. Selain itu, likopen dalam semangka juga dapat mencegah multiplikasi sel yang abnormal dalam tubuh untuk mencegah penyakit seperti kanker.

Vitamin C dalam jeruk nipis juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak untuk mencegah stroke dan mengekang penggandaan sel-sel kanker dalam tubuh.

Sumber: Boldsky
Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment