Tanda Peringatan Tekanan Darah Anda Sangat Tinggi, Banyak yang Tidak Tahu

Ilustrasi hipertensi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi telah memengaruhi sekitar 70 juta orang dewasa di Amerika Serikat. Dan itu berarti, dari 3 orang ada 1 yang menderita hipertensi. Sebenarnya, kondisi ini dapat dikontrol, tetapi Anda perlu mengetahui tanda-tanda peringatannya agar Anda dapat mengobatinya tepat waktu.

Hipertensi juga dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan serius lainnya, seperti serangan jantung, stroke, penyakit ginjal, dan gagal jantung kronis.

Dalam kebanyakan kasus, penderita tekanan darah tinggi tidak mengalami gejala, bahkan ketika kadar tekanan darah mereka mencapai tingkat yang tinggi. Fakta menakutkannya adalah, satu dari lima orang dewasa di Amerika Serikat yang menderita hipertensi tidak menyadarinya.

Namun untungnya, banyak ahli mengklaim mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur, secara efektif dapat mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi. Sangat penting untuk mengontrol kadar tekanan darah dan mengatasinya tepat waktu segera setelah Anda mengalami beberapa gejala hipertensi. 


Umumnya, penderita tidak mengalami gejala ketika tekanan darahnya meningkat. Namun, beberapa tanda peringatan yang umum di antaranya sebagai berikut.
  • Detak jantung tidak teratur
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Bising telinga atau dengung
  • Penglihatan kabur
  • Mimisan
  • Nyeri dada
Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai kondisi kesehatan, seperti sebagai berikut

Gagal jantung kronis
Hasil studi menunjukkan 7 dari 10 orang dengan gagal jantung kronis mengalami peningkatan tekanan darah.

Sindrom metabolik
Hipertensi meningkatkan risiko sindrom metabolik, yang merupakan kombinasi dari tiga atau lebih kondisi kesehatan seperti gula darah tinggi, obesitas perut, kadar trigliserida tinggi, kolesterol HDL rendah, dan tekanan darah tinggi.

Masalah mata
Kehilangan penglihatan dapat disebabkan oleh pembuluh darah yang menyempit, menebal, atau robek, karena tekanan darah tinggi.

Aneurisma
Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah bengkak atau melemah, yang mengarah ke aneurisma, yang jika pecah, dapat menyebabkan kematian.

Serangan jantung pertama
Sekitar 1 dari setiap 10 orang yang mengalami serangan jantung pertama mengalami peningkatan tekanan darah.

Stroke pertama
Sekitar 8 dari setiap 10 orang yang mengalami stroke pertama mengalami hipertensi.

Masalah daya ingat
Tekanan darah tinggi dapat menghalangi kemampuan untuk belajar, berpikir, mengingat, menghafal dan memahami konsep.

Sumber: Family Life Goals
Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment