28 Hari Tak Minum Alkohol, Hal Menakjubkan Terjadi pada Pria Ini

Perubahan fisik pria setelah berhenti minum alkohol.

Alkohol adalah racun yang merusak semua organ tubuh. Konsumsi alkohol dapat merusak kesehatan, dan beberapa organ tubuh yang terpengaruh, di antaranya hati, sistem saraf pusat, sistem peredaran darah, sistem pencernaan, pankreas, kerangka dan otot, kekebalan tubuh dan kesehatan reproduksi.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, seseorang yang bekerja dan memiliki pendapatan, rata-rata meminum 9,5 liter alkohol setiap tahun, dan jumlah ini meningkat dalam kasus orang tersebut akan minum ketika keluar bersama teman atau setelah stres bekerja.

Di sisi lain, orang yang menjauhi alkohol mendapatkan banyak manfaat. Sekelompok relawan berhenti minum alkohol selama 28 hari dan mendokumentasikan efek percobaan mereka. Pertama-tama, penampilan fisik mereka berubah.


Minggu 1: Nafsu makan meningkat dan mengidam gula
Pada awalnya, nafsu makan Anda memang akan meningkat, dan Anda akan mengidam gula. Tetapi, hal tersebut akan berubah. Selain itu, sukarelawan juga mengalami penurunan kadar gula darah, susah tidur dan sakit kepala.

Minggu 2: Tidur lebih baik dan lebih sehat
Di minggu kedua, segalanya menjadi lebih baik. Kualitas tidur membaik dan mereka tampak lebih sehat, lingkaran hitam di sekitar mata juga menghilang. Selain itu, indra penciuman dan perasa juga meningkat, begitu juga dengan fungsi saluran kemih. Produksi air liur yang lebih rendah juga memperkuat enamel gigi dan menurunkan risiko gigi berlubang.

Minggu 3: Peningkatan kesehatan secara keseluruhan
Organ hati pulih dalam 3 minggu, sehingga warna kulit sukarelawan jadi membaik, kerutan hilang saat sirkulasi mereka membaik dan pencernaan mereka meningkat.

Minggu 4: Risiko penyakit kardiovaskular lebih rendah
Di minggu terakhir, beberapa sukarelawan kehilangan 6-8 pound, risiko penyakit kardiovaskular berkurang dan tekanan darah tinggi juga turun. Selain itu, mereka juga jadi lebih percaya diri dan otak mereka mulai bekerja lebih efisien.

Temuan dari penelitian yang dilakukan oleh Royal Free Hospital di tahun 2018 yang dirilis dalam British Medical Journal, menunjukkan bahwa berhenti minum alkohol selama sebulan dapat:
  • Menurunakn tekanan darah dan kolesterol
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Menurunkan risiko penyakit
  • Mengurangi kadar protein darah (perlindungan kanker)
  • Menghemat banyak uang
Menurut para ahli di alcoholchange.org, butuh waktu 3 minggu untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Jadi, jika Anda mencoba untuk tidak minum alkohol selama satu bulan untuk melihat perubahannya, ini akan meyakinkan Anda untuk tidak lagi mengonsumsi alkohol.

Sumber: Healthy Food House
Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment