5 Bahaya Minum Teh saat Perut Kosong

Ilustrasi minum teh.

Apakah Anda terbiasa minum teh di pagi hari? Ya, minum teh di pagi hari sudah menjadi ritual bagi banyak orang. Bahkan, ada yang tidak bisa jika tidak minum secangkir teh di pagi hari.

Teh memiliki manfaat kesehatan tersendiri, seperti antioksidan yang terkandung dalam teh hitam yang dapat membantu meningkatkan imunitas dan metabolisme Anda. Namun, di balik manfaatnya, teh juga memiliki efek samping jika Anda meminumnya saat perut kosong di pagi hari.

Ya, teh dapat memengaruhi kesehatan Anda karena mengandung kafein yang bisa memicu asam lambung dan menghancurkan pencernaan Anda jika perut Anda kosong. Ada beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya tidak minum teh saat perut kosong, berikut lima di antaranya.


Menggangu aktivitas metabolik
Minum teh di pagi hari saat perut kosong akan mengganggu sistem metabolisme Anda, karena ada ketidakseimbangan zat asam dan basa di perut. Hal ini dapat mengganggu aktivitas metabolisme tubuh secara teratur dan dapat menyebabkan lebih banyak masalah pada tubuh.

Erosi enamel gigi
Konsumsi teh di pagi hari bisa mengikis enamel gigi Anda. Hal ini terjadi karena bakteri di dalam mulut akan merusak gula, yang menyebabkan peningkatan kadar asam di mulut yang pada akhirnya menyebabkan erosi pada enamel di gigi Anda.

Dehidrasi tubuh
Teh bersifat diuretik, yang dapat menghilangkan air dari tubuh Anda. Saat bangun pagi, tubuh Anda sudah mengalami dehidrasi karena tidur delapan jam tanpa air. Dan saat Anda minum teh, bisa menyebabkan dehidrasi berlebihan dan kram otot.

Mual
Minum teh saat bangun tidur bisa memengaruhi aktivitas empedu. Hal ini bisa menyebabkan mual.

Teh hitam tidak terlalu baik
Teh hitam mungkin bermanfaat bagi kesehatan Anda, tapi meminumnya di pagi hari dapat menyebabkan kembung dan menurunkan nafsu makan.

Sumber: Boldsky

0 komentar:

Post a Comment